Promosi Produk Baru secara efektif

Artikel Bisnis

Dedi S. Kurniawan

Mempromosikan produk baru dalam rangka memperkenalkannya kepada pelanggan supaya dapat melihat dan mencobanya adalah merupakan langkah awal Anda dalam melakukan penjualan. Produk terbaik sekalipun harus melewati tahapan perkenalan ini jika khalayak belum mengetahui keberadaannya. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik bisnis atau professional marketer harus menggunakan berbagai teknik pemasaran seefektif mungkin untuk memastikan bahwa target pasar Anda telah menerima informasi yang benar tentang produk Anda.

Persoalannya sekarang, bagaimana cara mempromosikan atau memperkenalkan produk baru Anda secara efektif? Berikut beberapa cara promosi yang cukup sederhana untuk memberikan informasi dan memastikan penjualan Anda.

Software image and text block

Beberapa hal yang diperlukan :

                   

◾Alat-alat promosi 

◾Siaran Pers 

◾Testimonial dari pelanggan 

◾Cetakan materi promosi (brosur, kartu nama, dll) 

◾Sampel produk 

 

Software image and text block

Langkah 1. Menawarkan Produk Promo                   

Sebagian besar orang menyukai produk gratis. Buatlah sebuah acara di mana Anda dapat membagikan produk baru Anda secara gratis. Secara substansial, ini tidaklah benar-benar gratis. Dengan melakukan hal ini, Anda sebenarnya sedang menarik mereka yang mungkin belum tertarik supaya tertarik dengan produk Anda, dan ini adalah investasi yang telah Anda lakukan. Selain itu, ajang promosi ini dapat menciptakan kesempatan bagi Anda untuk membuat siaran pers tentang acara sekaligus produk pada saat yang sama. Dengan demikian, Anda harus bisa memanfaatkan media lokal, seperti koran dan program berita, untuk memberikan informasi kepada publik.

Software image and text block

Langkah 2. Mencetak Materi Promosi

 Mencetak materi promosi yang memuat informasi tentang produk Anda. Materi promosi cetak dapat berupa selebaran sederhana atau pamflet yang menjelaskan secara detail spesifikasi produk Anda. Selain itu, kartu nama juga dapat dijadikan alat pemasaran yang cukup efektif. Jika perusahaan Anda memiliki produk khususnya misalnya, kartu nama Anda dapat memberikan informasi bahwa perusahaan Anda memproduksi produk khusus tersebut dan akan tetap diingat dalam pikiran pelanggan. Pastikan pula untuk membagikan sebanyak mungkin materi promosi tersebut untuk menjangkau khalayak, seluas yang Anda inginkan.

Langkah 3. Membuat Sampel Produk

 Buatlah sampel produk dan memberikannya kepada mereka yang dapat meninjau produk Anda, dan mintalah masukan atau tanggapan positif-nya. Anda harus tetap fokus untuk memberikan sampel kepada orang-orang yang memiliki kredibilitas dalam industri, seperti profesional atau ahli dimana ulasannya berpengaruh terhadap upaya meyakinkan pelanggan untuk mencoba produk Anda.

Software text and image block
Software image and text block

Langkah 4. Mengumpulkan Testimoni

Kumpulkanlah testimoni dari pelanggan yang telah menggunakan dan menikmati produk Anda. Testimonial dapat dijadikan sebagai alat yang efektif untuk meyakinkan kepada pelanggan potensial dalam mengambil tindakan, sebab testimonial dapat membangun link diantara pelanggan yang percaya kepada pendapat orang yang sama seperti mereka. Anggaplah, misalnya Anda telah merancang dan sedang memasarkan produk baru berupa lotion tangan. Testimonial dari pelanggan yang berbicara secara spesifik mengenai produk, seperti berkurangnya psoriasis atau menghaluskan kulit kasar misalnya, akan sangat efektif untuk meyakinkan orang lain dengan keluhan yang sama.